Rabu, 01 Maret 2017

RPP IPS Kelas 7 BAB III. contoh



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 1 Matesih
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bab
:
III. Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
Sub Bab
:

Kelas/Semester
:
VII/2
Materi Pokok
:
1. Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia
Alokasi Waktu
:
6 jam pelajaran [3 x pertemuan]


A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Inti (KI)


1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.





Kompetensi Dasar (KD)


3.3  Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi
4.3.  Menyajikan hasil analisis interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan politik yang menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam lingkup provinsi





B.
Tujuan Pembelajaran


Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan :


1.     Menjelaskan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia
2.     Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia
3.     Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi




C.
Materi Pembelajaran


1.      Kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi
2.      Kebutuhan manusia
3.      Tindakan, motif dan prinsip ekonomi




D.
Pendekatan dan Model Pembelajaran


1.       Pendekatan
2.       Model Pembelajaran
: Saintifik
: Problem Basic Learning (PBL)




E.
Media dan Sumber Belajar


1.       Media
: a) Gambar tentang sumber daya alam
  b) LCD Proyektor, laptop serta tayangan slide Power point (ppt)


2.       Sumber Belajar
: Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan,   internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan




F.
Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan Ke-1, 2 dan 3


1.
Pendahuluan



1)     Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)     Apersepsi:
3)     Dengan menanyakan pada peserta didik : Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan manusia? Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi? Dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar yang disajikan pada prawacana.
4)     Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.






2.
Kegiatan Inti



1)     Mengamati



Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan :


Sumber: teguhhariawan.wordpress.com
Gambar 3.1 Berjualan untuk memperoleh penghasilan



Sumber : Kemendikbud (2015)
Gambar 3.2. menghasilkan produk untuk mendapatkan keuntungan



Sumber : agungpuma.blogdetik.com
Gambar 3.3. petani sedang mengolah lahan pertanian sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan



2)     Menanya



Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.



3)    Mengumpulkan Informasi



a)    Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi.
b)    Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).



4)    Mengasosiasi



a)    Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk mengalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).
b)    Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (aktivitas kelompok pada buku siswa).



5)    Mengomunikasikan



a)    Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok, dan anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
b)    Peserta didik menyajikan hasil simpulan tersebut pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah atau menuliskan pada lembar kertas sebagai laporan hasil diskusi masing-masing kelompok.






3.
Kegiatan Penutup



1)     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4)     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
5)     Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6)     Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas Individu pada buku siswa




G.
PENILAIAN


1.
Teknik penilaian
a.   Obsevasi
b.   Tes tertulis, penugasan, portofolio


2.
Bentuk instrumen
a.    Lembar observasi, jurnal
b.    Soal uraian, tugas individu dan kelompok, sampel pekerjaan siswa yang terbaik








                                                           


                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Matesih



Suharno, S. Pd. M. Pd
NIP. 19680330 199103 1 006

Matesih, 03 Januari 2017
Guru Mapel 



Nawa Djaka Soesila J, S. Pd
NIP. 19750626 200801 1 009












0 komentar:

Posting Komentar