Rabu, 01 Maret 2017

RPP IPS Kelas 7 BAB I.contoh



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 1 Matesih
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bab
:
Manusia, Tempat, dan Lingkungan
Sub Bab
:

Kelas/Semester
:
VII/1 [satu]
Materi Pokok
:
1. Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang
Alokasi Waktu
:
4 jam pelajaran [2 x pertemuan]


A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Inti (KI)


1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.





Kompetensi Dasar (KD)


3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.
4.1. Menyajikan hasil telaah konsep ruang konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.





B.
Tujuan Pembelajaran


Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan :


1.       menjelaskan pengertian konsep ruang;
2.       menjelaskan pengertian interaksi antarruang;
3.       menyebutkan contoh interaksi keruangan antar wilayah di Indonesia;
4.       menyebutkan contoh interaksi keruangan yang terjadi di wilayahnya;
5.       menjelaskan kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang;
6.       menyebutkan contoh kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antarruang.




C.
Materi Pembelajaran


1.         Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang




D.
Pendekatan dan Model Pembelajaran


1.       Pendekatan
2.       Model Pembelajaran
: Saintifik
: Discovery Learning, Problem Basic Learning (PBL)




E.
Media dan Sumber Belajar


1.       Media
: a) Gambar yang menunjukkan bentuk-bentuk interaksi antarruang
  b) LCD Proyektor, laptop serta tayangan slide Power point (ppt)


2.       Sumber Belajar
: Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan,   internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan




F.
Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan Ke-1


a.
Pendahuluan



1)     Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2)     Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3)     Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
4)     Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan interaksi antarruang, misalnya sarapan dengan apa hari ini? Makanan tersebut dibuat dari bahan apa? Apakah bahan tersebut dihasilkan dari daerah kamu?
5)     Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.


b.
Kegiatan Inti



1)     Mengamati



a)         Peserta didik mengamati gambar tentang bentuk-bentuk interaksi antarruang, misalnya orang sedang pergi berbelanja ke kota, kendaraan pengangkut sayuran, kapal pembawa bahan tambang dan lain-lain.
b)         Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
c)         Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
d)         Guru menuliskan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik di depan kelas.
e)         Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.



2)     Menanya



a)       Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 4 – 5 siswa.
b)       Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan, Contoh: Apa yang dimaksud dengan ruang? Mengapa terjadi perbedaan karakteristik antarruang? Mengapa terjadi interaksi antarruang? Seperti apa bentuk interaksi antarruang di Indonesia?
c)       Salah satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
d)       Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.



3)    Mengumpulkan Informasi



a)       Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti membaca buku siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet
b)       Peserta didik mengumpulkan informasi tentang bentuk interaksi antarruang di Indonesia. Contoh nyata interaksi antaruang dapat berupa perdagangan antar wilayah, migrasi penduduk, transmigrasi, dan sebagainya. Data dapat bersumber dari buku, koran, majalah, internet yang menunjukkan adanya interaksi antar ruang di Indonesia.



4)    Mengasosiasi



a)       Dalam Kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
b)       Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.



5)    Mengomunikasikan



a)       Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan
b)       Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan
c)       Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan






c.
Kegiatan Penutup



1)         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2)         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3)         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4)         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
5)         Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6)         Peserta didik diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang bentuk interaksi antar ruang di wilayahnya amsing-masing. Pedoman untuk melakukan tugas tersebut ada pada buku siswa.





Pertemuan Ke-2


a.
Pendahuluan



1)         Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2)         Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3)         Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
4)         Guru menanyakan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya yaitu menelusuri informasi tentang interaksi antar ruang di wilayahnya.
5)         Peserta didik menerima informasi tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan berupa diskusi.
6)         Guru menyiapkan kegiatan diskusi.


b.
Kegiatan Inti
Kegiatan mengamati, menanya, dan mengumpulkan data telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan kedua ini peserta didik diminta untuk mengasosiasi dan mengomunikasikan data yang telah dikumpulkan.



1)          Mengasosiasi



a)       Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari lapangan.
b)       Peserta didik diminta untuk mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.



2)          Mengomunikasikan



a)       Peserta didik menyampaikan hasil pengolahan dan asosiasi datanya di depan  kelompok lainnya.
b)       Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
c)       Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas materi yang telah dipelajari hari ini.






c.
Kegiatan Penutup



1)          Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2)          Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik mengenai hal-hal yang belum dipahami
3)          Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan
4)          Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral
5)          Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru
6)          Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu Letak dan Luas Indonesia





G.
PENILAIAN


1.
Teknik penilaian
a.   Obsevasi
b.   Tes tertulis, penugasan, portofolio


2.
Bentuk instrumen
a.    Lembar observasi, jurnal
b.    Soal uraian, tugas individu dan kelompok, sampel pekerjaan siswa yang terbaik








                                                           


                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Matesih



Suharno, S. Pd. M. Pd
NIP. 19680330 199103 1 006

Matesih, 18 Juli 2016
Guru Mapel 



Nawa Djaka Soesila J, S. Pd
NIP. 19750626 200801 1 009





























0 komentar:

Posting Komentar