Rabu, 01 Maret 2017

RPP IPS Kelas 7 BAB II.contoh



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 1 Matesih
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial
Bab
:
Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
Sub Bab
:

Kelas/Semester
:
VII/1 [satu]
Materi Pokok
:
1. Interaksi Sosial
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran [1 x pertemuan]


A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Inti (KI)


1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.





Kompetensi Dasar (KD)


3.2 Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya
4.1. Menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan sosial budaya





B.
Tujuan Pembelajaran


Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :


1.     menjelaskan pengertian interaksi sosial
2.     menjelaskan syarat-syarat interaksi sosial




C.
Materi Pembelajaran


§  Pengertian dan syarat interaksi sosial




D.
Pendekatan dan Model Pembelajaran


1.       Pendekatan
2.       Model Pembelajaran
: Saintifik
: Discovery Learning, Problem Basic Learning (PBL)




E.
Media dan Sumber Belajar


1.       Media
: a) Gambar tentang contoh interaksi sosial
  b) LCD Proyektor, laptop serta tayangan slide Power point (ppt)


2.       Sumber Belajar
: Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan,   internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan




F.
Langkah-Langkah Pembelajaran


Pertemuan Ke-1


a.
Pendahuluan



1)     Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
2)     Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3)     Guru memberi motivasi kepada peserta didik.
4)     Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan pengertian dan syarat interaksi sosial, misalnya : Apakah kamu pernah memperhatikan lingkungan di sekitarmu? Adakah orang yang dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dengan orang lain?
5)     Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru.






b.
Kegiatan Inti



1)     Mengamati



a)         Peserta didik diminta mengamati tentang contoh gambar berkaitan dengan interaksi sosial yang disediakan oleh guru. Guru dapat menunjukkan gambar interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat di sekitar
b)         Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik beserta teman satu meja diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
c)         Peserta didik diajak untuk menyeleksi apakah hal-hal yang ingin diketahui telah sesuai dengan tujuan pembelajaran.
d)         Guru menuliskan hal-hal yang ingin diketahui peserta didik di depan kelas.
e)         Apabila hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan yang telah dituangkan, belum semuanya mencakup tujuan pembelajaran, maka guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.



2)     Menanya



a)       Peserta didik diminta membentuk kelompok dengan anggota 3 – 4 siswa
b)       Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan Contoh : Apa interaksi sosial ? Apa syarat terjadinya interaksi sosial sosial? Apa ciri-ciri dari interaksi sosial? Bagaimana terjadinya proses interaksi sosial ? Aturan apa saja dalam interaksi sosial ?
c)       Salah satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.
d)       Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan apa yang diketahui.



3)    Mengumpulkan Informasi



a)       Dengan berdiskusi peserta didik diminta mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari berbagai sumber, seperti : membaca Buku Siswa, serta referensi lain yang relevan, termasuk internet.
b)       Setiap kelompok membagi kelompoknya menjadi 2 sub kelompok, subkelompok tetap tinggal dalam kelompok untuk menerima tamu, dan subkelompok 2 sebagai kelompok yang berkunjung ke kelompok lain.



4)    Mengasosiasi



a)       Kelompok yang bertugas berkunjung ke kelompok lain menerima keterangan tugas kelompok tuan rumah untuk mendiskusikan pertanyaan kelompok yang dikunjungi serta memberi masukan untuk penyempurnaannya.
b)       Kelompok yang berkunjung ke kelompok lain kembali ke kelompok asal untuk mendiskusikan masukan dari anggota subkelompok yang berkunjung dan menyampaikan hasil diskusi kelompok yang dikunjungi.
c)       Dalam Kegiatan ini peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan (menyempurnakan jawaban sementara yang telah dirumuskan dalam kelompok).
d)       Peserta didik juga diminta mendiskusikan di dalam kelompok untuk mengambil kesimpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.



5)    Mengomunikasikan



a)       Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan.
b)       Kelompok lain diminta memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang dipresentasikan.
c)       Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.






c.
Kegiatan Penutup



a)     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
b)     Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
c)     Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
d)     Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
e)     Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
f)       Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab berikutnya yaitu bentuk-bentuk interaksi sosial dan mengerjakan aktivitas individu pada buku siswa.




G.
PENILAIAN


1.
Teknik penilaian
a.   Observasi
b.   Tes lisan, tes tertulis, penugasan, portofolio


2.
Bentuk instrumen
1.    Lembar observasi, jurnal
2.    Soal uraian, tugas individu dan kelompok, sampel pekerjaan siswa yang terbaik








                                                           


                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Matesih



Suharno, S. Pd. M. Pd
NIP. 19680330 199103 1 006

Matesih, 18 Juli 2016
Guru Mapel 



Nawa Djaka Soesila J, S. Pd
NIP. 19750626 200801 1 009




0 komentar:

Posting Komentar